Aplikasi Belajar Bahasa Jepang

Jepang. Denger nama Negara ini, apa yang ada di pikiranmu sob? Hmm.. mungkin kamu berfikir tentang alamnya yang indah, teknologinya yang super canggih, dan orang-orangnya yang begitu disiplin. Jepang memang salah satu Negara paling dikenal dan paling banyak diminati wisatawan untuk dikunjungi. Kamu juga tentu mau banget kan kalau bisa punya kesempatan pergi kesana?

Ga cuma daya tarik di atas aja yang dianggap keren, yang tak kalah popular dari Jepang adalah bahasanya. Bahasa Jepang banyak dipelajari karena memang banyak yang suka dengan Negaranya, jadi secara langsung tertarik dengan segala yang ada disana termasuk bahasanya.

Apalagi kalau kamu suka film Jepang, pengen banget gak sih bisa mengerti apa itu yang diucapkan di film tanpa harus baca translate. Nah, kalau memang kamu punya kemauan untuk itu tapi kamu mikir soal budget atau minim waktu yang dipunya buat kursus, kamu bisa kok, belajar secara bertahap dari smartphone!

Berikut ini aplikasi belajar bahasa Jepang yang bisa kamu download gratis di PlayStore atau AppStore, yuk dibaca-baca dulu ulasannya dan pilih sesuai kebutuhanmu.

Busuu

Busuu ini adalah aplikasi belajar bahasa Jepang yang cukup populer di Indonesia, sudah didownload sebanyak 10 juta lebih dan punya rating cukup bagus yaitu 4,5 dari 5. Busuu ini punya sistem belajar dengan level.

Jadi kamu bisa memulai dari materi dasar atau level terbawah. Kamu harus melewati dan lolos tes dulu untuk bisa naik ke level berikutnya. Total materinya ada lebih dari 150 level, berisi tentang materi aksen, tata bahasa, dan penyusunan kalimat. Bagus nih sob buat kamu yang pemula.

Drops : Learn Japanese

Selanjutnya ada aplikasi belajar bahasa Jepang Drops. Kalau Drops ini lebih banyak membahas kosakata daripada kalimat dan tata bahasa. Jadi kaya kamus gitu sob. Ada 99 topik kosakata lebih yang berisi hampir 1700 kata. Ada juga contohnya dalam kalimat namun tidak diberikan pembelajaran mendalam, hanya sebagai contoh saja.

Jadi misalnya kamu mau tahu bahasa Jepang tentang ‘Rumah’, di dalamnya nanti ada meja, kursi, almari, lantai, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan rumah dan diartikan dalam bahasa Jepang.

Jadi bisa nambah ilmu secara instant ya sob. Semakin banyak kamu membaca, tentu semakin banyak pula kosakata yang akan kamu tahu asal belajarnya fokus yaitu saat tidak sedang lapar.. hehe.

Hello Talk

Hello Talk ini nih aplikasi belajar bahasa Jepang yang terbilang unik dalam memberikan materi. Yakni dengan media chatting. Jadi untuk belajar disini, kamu harus menemukan teman atau partner terlebih dahulu, di Hello Talk ada banyak akun yang sama-sama belajar sepertimu yang bisa kamu ajak sebagai partner, atau kamu juga bisa ajak temenmu bergabung dan belajar bareng.

Dengan partner tersebut, kamu akan belajar secara langsung dengan mengobrol dalam bahasa Jepang. Ga asal ngobrol aja ya sob, obrolanmu ini akan didampingi oleh penurut asli atau oleh orang yang sudah ahli bahasa Jepang, jadi nanti akan dikoreksi apa saja kekurangan dan kesalahan yang mungkin dilakukan.

Aplikasi ini cocok buat kamu yang sedang belajar tingkat lanjut atau sudah memahami kata dasar dan tata bahasa Jepang.

Learn Japanese Offline

Kalau aplikasi ini hanya untuk belajar kalimat yang penting atau sering dipakai di Jepang dan ungkapan saja. Ada lebih dari 1.000 kata yang dicontohkan, misalnya ‘ini rumahku’, ‘aku dari Indonesia’, ‘dimana kamar mandinya?’ dan sebagainya.

Aplikasi belajar bahasa Jepang ini cocok untuk wisatawan yang butuh informasi komunikasi dalam bahasa Jepang selama berada disana atau juga kamu yang pengen tahu berbagai kalimat umum dalam bahasa Jepang.

LingoDeer

LingoDeer mengajarkan bahasa Jepang dengan lengkap dan detail. Materi mulai dari huruf Jepang yaitu huruf kanji, katakana, dan hiragana. Juga kosakata sederhana, kosakata yang sulit, tata bahasa, serta cara pengucapan yang bisa di klik kaya di Google translate itu sob.

Jadi kamu bisa belajar semuanya mulai dari menulis Jepang, nyusun kalimat, sampai ngomong dalam bahasa Jepang. Materinya ada 150 lebih dan terus dikembangkan. LingoDeer ini cocok untuk kamu yang mau bener-bener serius belajar bahasa Jepang.

Tandem

Tandem mengusung konsep belajar bahasa Jepang dengan fitur gambar, chat, audio, dan video. Materi belajarnya ada dari dasar, seperti gambar huruf Jepang, gambar kosakata penting yang sering digunakan, juga audio dan video tentang cara pengucapan dan tata bahasa Jepang.

Materi yang tersedia ada yang bisa kamu download sehingga nantinya kamu bisa pelajari ulang tanpa harus pakai kuota. Cocok nih buat kamu yang pengen belajar bahasa Jepang dengan cepat dan lebih mudah.

Memrise

Aplikasi belajar bahasa Jepang terakhir yang saya rekomendasikan ialah Memrise. Memrise ini bisa bantu kamu belajar tanpa rasa bosan karena materi diberikan dengan cara yang menyenangkan seperti permainan membaca, kuis, video cuplikan film Jepang atau cuplikan lagu Jepang, daily goals atau kemampuan per latihan yang ditargetkan, dan bot yang mengajarkan grammar Jepang. Kamu ga akan ngerasa tegang deh.

Jadi kamu akan diarahkan untuk belajar dari dasar yaitu hurufnya, ada bentuk materi offline. Lalu kalau kamu lolos tesnya, kamu lanjut belajar kosakata, tata bahasa, kalimat, hingga pengucapan yang diberikan dengan cara kuis dan permainan.

Asik banget deh pokoknya, kamu bisa dapet ilmu dengan cara belajar yang nyaman, tapi tetep disiplin ya sob belajarnya supaya bener-bener masuk ilmunya.

Jadi mana aplikasi belajar bahasa Jepang yang terbaik menurutmu? Pilih aja yang sesuai kebutuhanmu ya sob, kan sudah saya ulas sebagai bahan pertimbanganmu, mau belajar bahasa Jepang secara umum, belajar kosakata, atau belajar semuanya tentang bahasa Jepang ada di aplikasi-aplikasi di atas.

Fyi, untuk bisa bahasa Jepang itu ga harus langsung jadi ahli, belajar bisa kamu lakukan bertahap, pahami saja mulai dari dasarnya dan disiplin lakukan tiap hari, pastinya kemampuan berbahasa Jepangmu tetap akan membaik dari hari ke hari ya sob!

Selamat mencoba ya, bayangkan nantinya saat punya kesempatan ke Jepang kamu bisa berkomunikasi sama penduduk sekitar dengan nyaman pakai bahasa Jepang! Atau.. kalau mungkin nantinya dapet jodoh orang Jepang kamu gak akan susah pas mau nglamar ke orang tuanya karena bisa menyampaikan rasa cintamu pada anaknya dengan fasih dalam bahasa Jepang!

Sekarang ini kita dimudahkan dengan aplikasi untuk berbagai keperluan. Mau terjemahin bacaan, pakai aplikasi translate, mau transfer, pakai mobile banking, mau pesen makan, ada GoFood, bahkan mau daftar kerja saja sudah ada yang pakai aplikasi online, contohnya mau kerja jadi ojol (ojek online), kamu bisa daftar secara online. Info lengkapnya kamu bisa baca di artikel cara daftar grab, disana ada penjelasan lengkapnya, mau daftar bagian apa saja.

Leave a Comment