Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang

Mau jualan online tapi bingung dengan stok produknya ? ditulisan kali ini saya akan bahas gimana cara jualan di shopee tanpa stok barang. Gak mesti di shopee juga sih.. di marketplace lain juga bisa asalkan kamu paham dengan konsep kerjanya.

Apakah kamu pernah denger sistem Dropship atau Dropshipper ?

Sistem Dropship adalah jualan dengan cara memasarkan produk milik orang lain tanpa harus memiliki stok barang. Artinya kamu gak perlu repot stok barang di rumah, tetapi barang harus benar-benar ready di gudang atau di bagian produksi.

Menjadi Dropshipper

Untuk bisa menjadi seorang Dropshipper ada kaidah atau aturan yang harus kamu pahami, yaitu harus ada akad atau izin dari si pemilik barang atau produk yang akan kamu jual di shopee.

Jadi kamu gak boleh asal ambil gambar produk kemudian jual di marketplace. Adabnya tetap harus izin si pemilik barang agar jualanmu bisa lebih berkah.

Kesalahan yang sering terjadi adalah, Kamu asal ambil gambar atau foto produk jualan orang lain, kemudian upload di Shopee atau facebook tanpa ada izin atau ikatan kerjasama. Setelah ada calon pembeli, barulah kamu beli itu barang dari penjual asli, kemudian kamu jual lagi ke calon pembeli.

Nah.. praktek seperti itu tidak dibenarkan oleh agama karena kamu menjual barang yang bukan atau belum menjadi milikmu sendiri tanpa ada ikatan kerjasama (jualan tanpa izin pemilik produk).

Perhatikan penjelasan Ustadz Ammi Nur Baits terkait Dropship

Tahapan Menjadi Dropshipper

Biar kamu lebih mudah memahami perhatikan tahapan berikut ini :

Mencari Barang yang potensial untuk dijual di Shopee

Terkait barang apa yang mau dijual ini relatif ya.. Barang apa saja asalkan ada nilai manfaatnya bisa dijual di shopee.

Coba kamu cari di lingkungan tempat tinggal, adakah pusat produksi barang tertentu ? misal pakaian, tas, sepatu, atau barang-barang kerajinan.

Atau kamu punya kenalan yang memiliki toko besar seperti aksesoris HP, aksesoris Mobil, aksesoris Komputer dst..

Ajak Kerjasama

Setelah menemukan barang atau produk yang dianggap potensial. Temui pemilik produk tersebut. Jelaskan niatan kamu bahwa ingin kerjasama di bidang penjualan dengan cara sistem Dropship.

Jika ditolak.. ya.. Cari produk atau toko yang lain lah.. namanya juga usaha kan..

Jika diterima, lanjut buat kesepakatan.

Buat Kesepakatan

Kesepakatan ini penting banget dan sebaiknya ditulis untuk menghindari kesalahpahaman dikemudian hari. Berikut poin-poin penting yang sebaikanya ditulis dalam kesepakatan atau perjanjian.

  • Barang apa saja yang bisa kamu jual secara online
  • Harga modal dan besarnya keuntungan
  • Cara pengiriman barang
  • Mau berapa lama kerjasama ini berjalan
  • Aturan terkait barang rusak atau retur

Buat Toko di Shopee

Setelah semuanya jelas, segera buka toko di Shopee. Lengkapi akun dengan identitas kamu.

Untuk alamat toko, bisa gunakan alamat toko yang asli (sesuaikan dengan kesepakatan).

Oh.. iya.. sebaiknya 1 toko di shopee hanya menjual barang-barang yang sejenis. Jangan campur aduk segala macam barang dijual disana.

Kalau jualan alat-alat komputer ya fokus ke semua barang terkait dengan komputer.

Baca juga : Cara Jualan di Shopee untuk Pemula

Lakukan promosi di Shopee

Untuk pemula, mungkin agak sulit mendapatkan pembeli pertama, wajarlah.. Apalagi belum ada rating.. butuh waktu dan strategi untuk bisa mendapatkan pelanggan.

Alternatif lain, coba gunakan fitur Shopee yaitu Iklanku.

Memang gak ada jaminan pasti ada pembelinya. Tetapi dengan beriklan di Shopee setidaknya bisa meningkatkan potensi penjualan dibanding dengan yang tidak beriklan.

Leave a Comment