Cara Mengirim Barang Lewat JNE

Saat ini kirim paket atau barang jadi lebih mudah dengan adanya jasa ekspedisi seperti JNE. Meskipun sudah banyak orang yang melakukannya, tetapi ada saja yang belum tahu bagaimana cara mengirim barang lewat JNE. Kamu sudah tahu belum?

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengirim barang lewat agen JNE, prosedurnya mudah sekali. Tapi sebelum kamu mengirim barang ke tujuan, sebaiknya cek ongkir alias ongkos kirim yaa..

Cara Mengecek Ongkir JNE

Mengecek ongkir JNE gunanya untuk mengetahui berapa tarif pengiriman paket sampai tujuan. Caranya dapat dengan mengunjungi kantor atau agen JNE terdekat dan bertanya secara langsung.

Cara kedua dan yang paling mudah adalah dengan membuka website JNE. Berikut panduan cek ongkos kirim JNE :

  • Buka saja situs JNE ini www.jne.co.id/id/tracking/tarif
  • Ketik kota pengirim pada kolom origin
  • Isi kota penerima di kolom destination
  • Masukkan berat barang pada kolom weight
  • Klik tombol Check
  • Isi chaptcha
  • Klik tombol Check
  • Pilih layanan, bisa JNE OKE, Reguler (jne reg), YES, atau JNE express
  • Tak lama kemudian biaya ongkir akan muncul di layar

Jika sudah mengetahui ongkir pengiriman paket ke tujuan, baru selanjutnya kamu persiapkan barang yang akan dikirim lewat JNE dengan prosedur berikut ini :

Mengirim Barang Lewat JNE

1. Membungkus barang dengan baik

Siapkan barang yang akan dikirim, bungkus dengan baik dan rapi. Kamu bisa membungkusnya dengan dilapisi plastik, kemudian dilanjut kertas koran serta bubble wrap jika dibutuhkan.

Sebenarnya buat kamu yang tidak mau ribet membungkus barang, kamu bisa menggunakan jasa pengemasan JNE tapi ada biaya tambahan yang harus kamu bayar, kalau barang rawan pecah atau rusak, kamu bisa menggunakan packing kayu dari JNE biar aman sampai tujuan.

Catatan : Berat paket mempengaruhi biaya ongkir untuk kelipatan 1 kg

2. Menulis alamat tujuan dan alamat pengirim

Jika barang sudah terbungkus rapi, kamu bisa menulis alamat tujuan pengiriman secara lengkap. Jangan lupa tulis juga nama dan alamat kamu sebagai pengirim.

Sertakan nomer telepon atau handphone yang bisa dihubungi juga ya, supaya jika ada kendala saat pengiriman barang, petugas JNE bisa menghubungi nomer yang tertera.

Nama dan alamat ini bisa kamu tulis di selembar kertas dan kemudian di tempel di bagian luar barang yang telah dibungkus. Supaya tidak luntur atau robek, kamu bisa melapisinya dengan lakban bening atau plastik.

Baca juga : Cara Berjualan di Shopee

3. Datang ke kantor cabang JNE terdekat

Kunjungi kantor agen atau kantor JNE terdekat dari rumahmu dengan membawa barang dan uang untuk biaya pengiriman.

Sekarang tidak sulit kok mencari kantor JNE, karena cabang cabang kantornya sudah tersebar luas di berbagai wilayah di Indonesia.

4. Penyerahan paket dan melakukan pembayaran

Di kantor JNE terdekat ada customer service yang akan melayani kamu dalam proses pengiriman barang tersebut.

Barang yang kamu bawa akan ditimbang terlebih dahulu untuk mengetahui berapa biaya pengirimannya. Lalu kamu wajib memilih jenis pengiriman yang akan digunakan. Beberapa jenis pengiriman JNE seperti JNE YES, OKE, Reguler, dan lain lain.

Setelah proses selesai, kamu akan diminta membayar jasa kirim barang tersebut sesuai dengan tarif kiriman yang kamu pilih.

Pihak customer service akan memberikan nomor resi atas pengiriman barang atau paket, simpan dengan baik nomer resi tersebut untuk melacak keberadaan paket kamu nantinya.

5. Lacak Paket JNE dengan cek resi

Lama proses pengiriman barang sesuai dengan jenis pengiriman yang kamu pilih sebelumnya. Biasanya berkisar 1 sampai 7 hari. Nomer resi yang kamu dapatkan dari customer service tadi bisa digunakan untuk melacak paket JNE.

Caranya dengan mengunjungi website resmi JNE, dan memasukkan nomer resi yang kamu dapat. Nanti akan muncul keterangan mengenai keberadaan paket sudah sampai mana.

Oh.. iya.. Cek resi jne ini bisa juga dengan menggunakan aplikasi My JNE. Jika hpmu masih ada ruang kosong, coba saja instal.

Ada beberapa istilah yang akan kamu temukan saat melacak paket JNE. Yakni posisi status pengiriman seperti :

  • On Process : barang sedang diproses untuk pengiriman.
  • Received at Warehouse : barang sampai ke gudang JNE terdekat dari kota tujuan
  • Received at Origin Gateway : barang sampai ke gudang JNE kota tujuan
  • On Transit : barang transit di kota lain.
  • Received on Destination : barang sudah sampai kota tujuan pengiriman tapi belum dikirim ke alamat
  • Delivered : barang sampai di alamat pengiriman

6. Paket Sampai di Tujuan

Kurir JNE akan mengantar barangmu ke alamat tujuan dalam proses beberapa hari. Jika barang sudah sampai, maka di laman pengecekan resi akan berubah menjadi Delivered.

Supaya mengirim barang lewat JNE tidak ada kendala, pastikan kamu menuliskan alamat yang benar ya, dan sertakan nomer telepon yang bisa dihubungi.

Mudah sekali kan cara mengirim barang lewat JNE. Apalagi kamu bisa mengirim barang apa saja asalkan sesuai dengan kualifikasi JNE, seperti pengiriman barang elektronik lewat JNE juga bisa dilakukan. Tak hanya itu bahkan barang mahal seperti perhiasan emas, motor dan mobil juga bisa loh dikirim melalui JNE.

Proses pengiriman JNE yang tidak memakan waktu lama juga menjadi alasan banyak orang memilih JNE sebagai jasa ekspedisi yang dapat dipercaya dalam pengiriman barang.

Selain itu kamu juga bisa cek ongkos kirim JNE dengan mudah, sehingga saat datang ke kantornya kamu sudah lebih dulu menyiapkan uang yang dibutuhkan.

Mengenai syarat dan ketentuan pengiriman barang juga bisa kamu cek langsung di website resmi JNE. Disana kamu akan mendapat informasi lengkap terkait pengiriman barang.

Demikian cara mengirimkan barang lewat JNE, Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya..

Leave a Comment