Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee

Jualan online di Shopee itu gampang-gampang susah, apalagi untuk pemula yang baru mengenal dunia online. Butuh waktu dan ilmu untuk mempelajari cara meningkatkan penjualan di shopee.

Ada beberapa aspek yang harus kamu pelajari, mulai dari riset produk, cara upload produk hingga cara promosi agar toko menjadi rame dikunjungi calon pembeli, dan endingnya tentu berharap adanya transaksi penjualan.

Untuk pemula mungkin akan terkesan ribet karena harus mengatur ini dan itu, tetapi yakinlah, sukses itu butuh proses, dan proses yang benar akan menghasilkan konversi yang besar.

Konsep jualan online, baik di Shopee maupun jualan online di facebook itu sama saja, perlu yang namanya riset produk dan promosi produk. Sebelum melakukan promosi, pahami dulu tips meningkatkkan penjualan di bawah ini.

Tips Meningkatkan Penjualan di Shopee

Time needed: 30 minutes.

Pelajari dan praktekkan beberapa tips jualan di bawah ini agar kamu bisa paham gimana cara meningkatkan penjualan dengan baik dan benar.

  1. Gunakan judul produk dengan lengkap dan menarik

    Ini kelihatannya sepele ya.. Cuma masalah nama atau judul produk. Pastikan judul produk yang kamu jual itu lengkap dan detail agar calon pembeli bisa lebih paham sebelum membaca deskripsi.

    Untuk membuat judul, gunakan rumus Merek + Tipe dan Spesifikasi + Model
    Misalnya : Laptop Asus X455L Core i3 Memory 4GB Nvidia Geforce
    Meskipun di bagian deskripsi akan dijelaskan tentang spesifikasinya, judul yang lengkap akan lebih menarik bagi calon pembeli.

  2. Deskripsi produk harus lengkap dan detail

    Jelaskan spesifikasi produk yang kamu jual sedetail mungkin, mulai dari, fitur, manfaat, kelebihan produk, cara pemakaian, cara perawatan dst.

    Beri juga saran bagi mereka yang ingin membeli produk itu, misalnya..
    Produk ini (contohnya Laptop Asus X455L Core i3 Memory 4GB Nvidia Geforce), cocok buat anda yang suka mendesign dan edit video, karena memiliki RAM 4 GB dan menggunakan Windows 10.

  3. Gambar Produk harus jelas

    Ada ribuan bahkan mungkin jutaan gambar produk di Shopee, dan banyak toko yang gambar produknya sama. Bisa jadi foto produk yang sama itu hasil reupload dari penjual yang tidak bertanggung jawab.

    Nah.. pastikan gambar produk yang kamu jual itu hasil foto kamu sendiri. Foto dari beberapa sisi agar berbeda dari penjual yang lain jika memang yang dijual itu produknya sama.

    Jangan hanya upload 1 foto, saat ini di shopee bisa upload hingga 8 foto produk dengan 1 foto utama, jadi total ada 9 foto yang bisa diupload. Yaa tidak harus 9 foto, paling tidak 1 produk upload 3-5 foto.

  4. Gunakan Fitur Promo Shopee

    Salah satu kelebihan Shopee adalah adanya fitur promo secara berkala, biasanya pas waktu liburan atau saat akhir tahun.

    Kalau ada promo, biasanya akan ada pemberitahuan baik di situs shopee maupun lewat aplikasi shopee. Kamu sebagai penjual bisa memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan penjualan dengan cara mendaftarkan produk yang memang masuk kategori bisa dipromokan.

    Penjelasan lengkapnya kamu bisa kunjungi https://seller.shopee.co.id/edu/article/1709

  5. Gunakan Fitur Naikkan Produk

    Fitur ini dikenal dengan istilah Push produk secara manual atau Push produk secara berkala.

    Dengan bantuan fitur ini, kamu bisa menaikkan produk ke urutan teratas (daftar produk terbaru di halaman kategori).

    Sayangnya hanya 5 produk saja yang bisa di UP atau dinaikan dengan durasi 4 jam sekali. Artinya setiap 4 jam kamu harus UP lagi supaya produk masuk ke jajaran teratas. Oh.. iya fitur ini gratis untuk semua penjual.

  6. Minta Pembeli Memberikan penilaian (Review)

    Sebelum barang di packing, sisipkanlah pesan di sebuah kertas, ucapan terima kasih karena telah membeli barang, dan.. yang paling penting minta agar konsumen memberikan ranting atau penilaian bintang 5.

    Mungkin kata-katanya bisa dibuat seperti ini :
    Jika bapak/ibu puas dengan produk kami, mohon berikan rating bintang 5. Jika ada masalah atau problem mohon hubungi kami sebelum memberikan penilaian.

  7. Mempercantik Toko dengan Banner

    Membuat banner tidak otomatis menaikkan konversi penjualan, tetapi toko yang ada bannernya akan terkesan lebih profesional. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli, bahwa toko kamu lebih bisa dipercaya dari pada toko yang terlihat asal-asalan dibuat.

    Ada tipe calon pembeli yang baru pertama kali melihat toko (yang ada bannernya) langsung tertarik untuk buka semua produknya. Nah.. tipe seperti itu berpeluang besar melakukan pembelian. Jadi.. buatlah banner yang menarik di tokomu.

  8. Berikan harga terbaik

    Diantara tips meningkatkan penjualan di shopee, penentuan harga produk menjadi prioritas utama. Jangan terlalu mahal dan jangan terlalu murah, buat harga yang kompetitif.

    Sebelum upload produk, lakukan riset dulu. Berapa harga pasaran yang ditawarkan toko lain ? berapa harga produk di marketplace lain ? Apa kelebihan produk kamu ?

    Untuk shopee, rata-rata harga memang murah jika dibanding dengan beli produk di marketplace facebook atau landingpage toko online lain. 

  9. Perbanyak variasi produk

    Pembeli paling suka jika ada banyak variasi produk. Misalkan saja jual Susu Bubuk Kambing Etawa. Contoh variasi produknya : Rasa original, rasa coklat, rasa madu propolis, rasa jahe merah dst.

    Intinya ada banyak pilihan, baik dari sisi rasa, ukuran, jumlah, maupun bentuk. 

  10. Gunakan Fitur Iklanku (Iklan Shopee)

    Transaksi penjualan erat kaitannya dengan trafik atau kunjungan calon pembeli. Semakin banyak trafik, semakin tinggi peluang terjadinya transaksi penjualan.

    Trafik terbagi menjadi 2, organik dan berbayar.

    Trafik organik adalah calon pembeli yang datang sendiri mengetikan kata kunci di pencarian shopee, dan kemudian menemukan toko kamu. Sedangkan trafik berbayar, calon pembeli datang berdasarkan iklan yang dia lihat.

    Dari kedua jenis trafik itu yang paling powerfull tentu trafik yang berbayar. Makanya kamu harus mencoba menggunakan fitur iklanku. Oh.. iya.. namanya juga ngiklan, kamu harus punya modal dan perhitungan yang matang agar tidak rugi.

  11. Buat Voucher Toko atau Diskon

    Fitur promosi shopee ada yang namanya Voucher atau diskon. Meskipun potongannya tidak banyak, pembeli itu paling suka dengan adanya diskon.

    Voucher ini bisa diberikan kepada calon pembeli sebagai hadiah atau daya tarik karena telah mengikuti toko kamu. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa kunjungi halaman https://seller.shopee.co.id/edu/article/3314

Demikian informasi cara meningkatkan penjualan di shopee, selamat mencoba dan semoga laris jualannya.

Leave a Comment