Komponen CPU dan Fungsinya

Komponen CPU dalam sebuah komputer berfungsi seolah seperti “otak” yang menjadi unit proses paling utama pada perangkat komputer.

CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit yang memiliki pengertian perangkat keras pada komputer yang memiliki tugas untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak.

Komponen CPU dan Fungsinya

Pada sebuah CPU ada berbagai macam komponen yang ada di dalamnya, di antaranya sebagai berikut:

1. Unit Kontrol

Setiap CPU pasti ada unit kontrol yang berfungsi untuk mengatur jalannya program. Unit kontrol ini yang akan mengirim instruksi ke ALU. Kemudian unit ini membawa data yang telah diolah menuju ke memori utama untuk disimpan.

Secara umum fungsi dari unit kontrol ini untuk mengatur alat input dan output, mengambil instruksi dari memori utama, mengambil data dari memori utama untuk diproses, mengirim instruksi ke ALU, dan menyimpan hasil proses tersebut ke memori utama.

2. Register

Register merupakan perangkat penyimpanan data data yang akan diolah oleh prosesor, namun sifatnya sementara.

Perangkat ini dibentuk oleh 16 titik elektronis dalam chip microprocessor tersebut. Adanya register, memungkinkan pemrosesan dapat dilakukan lebih cepat dibanding harus mengambil data langsung dari lokasi penyimpanan.

3. Unit ALU

Salah satu bagian dari mikroprosesor yang disebut ALU (Arithmetic and Logic Unit) ini berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika.

Unit ALU juga digunakan untuk membuat keputusan dari operasi logika berdasarkan perintah program, meliputi penjumlahan, pengurangan, Subu atau pengurangan tidak bertanda dan lain sebagainya.

4. CPU Interconnections

Fungsi dari CPU Interconnections adalah menghubungkan komponen internal CPU seperti ALU, unit kontrol dan register dengan bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya.

Sistem lainnya yang menjadi tujuan penghubungan komponen internal CPU tersebut seperti memori utama, piranti input dan output.

5. Casing

Casing merupakan bagian terluar dari sebuah CPU. Casing ini berfungsi untuk menutupi dan melindungi komponen komponen lain yang ada pada sebuah CPU supaya terhindari dari kotoran atau debu.

casing

Casing juga berfungsi sebagai tempat dudukan komponen lain misalnya motherboard, harddisk, floppy drive, CD-ROM, dan lain lain.

Baca juga : Cara melihat tipe laptop

6. Processor

Processor merupakan komponen utama pada komputer yang berfungsi seperti “otak” pada komputer.

Komponen ini berperan penting dalam sistem komputer, karena berguna sebagai manajemen arus data agar terhindar terjadinya stack data pada operasi komputer.

processor

7. Motherboard

Motherboard merupakan Printed Cicuit Board (PCB) atau papan sirkuit yang berfungsi sebagai tulang belakang pada sebuah komputer.

Komponen ini menyediakan sebuah konektivitas elektrik yang disebut bus, adanya motherboard ini membuat semua komponen CPU dan perangkat eksternal dapat terhubung.

motherboard

8. RAM

Random Access Memory (RAM) adalah perangkat keras pada komputer yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara dan berbagai instruksi program.

Semua data yang tersimpan pada RAM telah diproses terlebih dahulu oleh processor dan kemudian dilanjut ke bagian lain yang membutuhkan.

RAM

Data yang ada di dalam RAM akan hilang saat komputer di non-aktifkan atau daya listrik ke power supply dicabut dari perangkat.

9. VGA Card

Video Graphic Array (VGA) card adalah komponen yang ada pada CPU bertugas sebagai pengolah visual yang akan ditampilkan ke monitor.

VGA ini dipasang ke dalam CPU supaya tampilan visual yang disajikan komputer memiliki kualitas yang baik.

vga card

Jika dibandingkan VGA pada laptop, VGA pada komputer justru lebih banyak menghabiskan energi. Namun, dapat ditambah atau diubah, karena umumnya terdapat slot khusus pada CPU untuk menambahkan VGA card.

10. Hardisk

Hardisk adalah tempat penyimpanan data dalam komputer. Terdapat berbagai jenis hardisk berdasarkan kapasitas yang dimilikinya.

Semakin besar kapasitasnya, maka semakin banyak data data yang dapat disimpan. Adapun satuan kapasitas hardisk adalah byte, umumnya mulai dari 250 GB, 500 GB, 1 Tera, hingga 3 Tera.

hardisk

11. Sound Card

Sound card adalah perangkat keras pada komputer yang berfungsi sebagai pengolah data untuk audio. Audio ini kemudian akan muncul melalui speaker atau headset pada komputer.

Sound card yang bekerja dengan baik akan menghasilkan suara yang baik, sementara apabila kamu mengaktifkan aplikasi multimedia tetapi tidak ada suara yang keluar, menandakan sound card bermasalah.

sound card

Perangkat keras ini terhubung ke komputer melalui slot ISA atau PCI pada motherboard. Tetapi saat ini sound card memiliki slot USB yang lebih mudah untuk digunakan.

12. Optical Drive Disk

Optical Drive Disk adalah bagian perangkat pada disk drive yang digunakan sebagai pembaca atau penulisan data CD atau DVD.

Cara kerjanya dengan sinar laser yang terdapat di spektrum hingga CD atau DVD yang masuk ke dalam disk drive dapat terbaca.

optical drive disk

Secara umum fungsi dari Optical Drive Disk ini adalah untuk membaca dan menulis data, menimpa data yang telah ada pada CD/ DVD dengan data baru, dan dapat juga digunakan untuk menginstal suatu program.

13. Power Supply

Power Supply adalah komponen pada CPU yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai komponen komputer.

Apabila kualitas sebuah power supply kurang baik maka dapat menghasilkan tegangan DC yang tidak merata dan banyak riaknya (ripple).

power supply

Penggunaan power supply berkualitas buruk dalam jangka waktu lama akan menyebabkan kerusakan pada komponen komputer, khususnya harddisk.

Demikian informasi tentang komponen CPU dan fungsinya, semoga bisa manambah pengetahuan kamu dibidang IT ya..

Leave a Comment